Rekomendasi Pemupukan Kelapa Sawit Dengan Dosis Yang Tepat

Rekomendasi Pemupukan Kelapa Sawit – Kelapa sawit memang tumbuhan yang mudah berkembang, namun tentunya tanaman ini juga memerlukan pemupukan agar dapat berkembang dengan baik. Rekomendasi kelapa sawit dengan dosis yang tepat tentunya sangat diperlukan agar pertumbuhan dari tanaman kelapa sawit akan baik.

Sebenarnya pemupukan merupakan hal yang utama dalam budidaya kelapa sawit, hal ini bertujuan agar produktivitas kelapa sawit dapat optimal sehingga panen yang diperoleh petani kelapa sawit akan sesuai harapan.

rekomendasi pemupukan kelapa sawit,rekomendasi pemupukan kelapa sawit berdasarkan analisis tanah,rekomendasi pemupukan kelapa sawit ppks,rekomendasi pemupukan kelapa sawit pdf,rekomendasi pemupukan kelapa sawit tbm,rekomendasi pemupukan kelapa sawit tm,rekomendasi pemupukan tanaman kelapa sawit,rekomendasi pupuk pada tanaman kelapa sawit,rekomendasi pemupukan kelapa sawit berdasarkan analisis tanah dan tanaman,rekomendasi pupuk tanaman kelapa sawit,rekomendasi pemupukan pembibitan kelapa sawit,rekomendasi pemupukan bibit kelapa sawit,jurnal rekomendasi pemupukan kelapa sawit,cara membuat rekomendasi pemupukan kelapa sawit

Rekomendasi pemupukan kelapa sawit yang tepat adalah dengan menggunakan pupuk yang mengandung unsur fosfor, natrium, kalium, boron dan magnesium. Dan jenis pupuk yang memiliki kandungan unsur tersebut adalah seperti pupuk urea, pupuk TSP, pupuk KCL, pupuk kiserit dan beberapa jenis pupuk untuk kelapa sawit lainnya.

Rekomendasi pemupukan kelapa sawit dengan dosis yang tepat adalah sebagai berikut:

  • Pupuk urea dengan dosis 0.4 kg yang diberikan dua kali dalam setahun per 1 batang tanaman
  • Pupuk kcl dengan dosis 0.2 kg yang diberikan dua kali dalam setahun per 1 batang tanaman.
  • Pupuk kiserit dengan dosis 0,1 kg yang diberikan dua kali dalam setahun per 1 batang tanaman

 

Pemberian pupuk ini bisa anda lakukan ketika kelapa sawit berumur dibawah 3 tahun. Untuk penerapan penggunaan pupuk ini, anda bisa menebarkan secara merata pada pinggir tanaman kelapa sawit dengan jarak 20 cm.

Rekomendasi waktu pemupukan kelapa sawit yang bisa anda lakukan adalah pada tahap pertama ketika awal musim hujan yaitu sekitar pada bulan september-oktober, dan tahap kedua pada musim penghujan akhir sekitar bulan maret-april.

Sedangkan rekomendasi pemupukan kelapa sawit yang berumur diatas 3 tahun adalah dengan menggunakan dosis berikut:

  • Pupuk urea dengan dosis 0,2 kg per 1 batang tanah kelapa sawit yang diberikan dua kali dalam setahun.
  • Pupuk kcl dengan dosis 0,3 kg per 1 batang tanaman kelapa sawit yang diberikan dua kali dalam setahun.
  • Pupuk kiserit dengan dosis 0,75 kg per 1 batang tanaman kelapa sawit yang diberikan dua kali dalam setahun.
Baca Juga :  Ini Dia Daftar Perkebunan Kelapa Sawit Terbesar

 

Untuk rekomendasi metode pemupukan kelapa sawit yang tepat yaitu dengan cara sebagai berikut:

  1. Metode sistem tebar atau sistem benam
    Jika menggunakan sistem tebar, maka yang bisa dilakukan adalah dengan menebarkan pupuk kelapa sawit di pinggir tanaman kelapa sawit muda dengan jarak 0,5 meter dan sedangkan untuk kelapa sawit tua maka dengan jarak 1 meter dari tanaman.

    Untuk sistem benam, maka dengan membuat 4 lubang piringan pada sekeliling pohon kelapa sawit, kemudian taburkan pupuk yang sesuai dosis, kemudian tutup kembali lubangnya. Metode benam ini sangat cocok untuk areal yang rendah, namun jika diterapkan pada tanah gambut akan mengalami erosi

  2. Metode manual dan modern
    Metode manual yaitu pemupukan kelapa sawit yang dilakukan secara manual oleh orang dengan memberikan pupuk pada sekitar tanaman kelapa sawit. Sedangkan cara modern adalah pemupukan kelapa sawit dengan menggunakan alat modern seperti pesawat terbang atau traktor. Namun yang sering dilakukan adalah dengan metode manual, karena harganya lebih murah.

 

Pemupukan kelapa sawit memang tak bisa dilakukan dengan sembarang, karena harus dengan dosis, metode dan waktu pemupukan yang tepat. Hal ini agar hasil panen kelapa sawit akan optimal.

Budidaya tanaman kelapa sawit memang terkadang bukan hal yang mudah, sehingga panduan budidaya tanaman kelapa sawit sangat dibutuhkan oleh petani kelapa sawit, karena rekomendasi waktu, dosis dan metode pemupukan akan sesuai dengan penerapannya.

Tags: cara membuat rekomendasi pemupukan kelapa sawit jurnal rekomendasi pemupukan kelapa sawit rekomendasi pemupukan bibit kelapa sawit rekomendasi pemupukan kelapa sawit rekomendasi pemupukan kelapa sawit berdasarkan analisis tanah rekomendasi pemupukan kelapa sawit berdasarkan analisis tanah dan tanaman rekomendasi pemupukan kelapa sawit pdf rekomendasi pemupukan kelapa sawit ppks rekomendasi pemupukan kelapa sawit tbm rekomendasi pemupukan kelapa sawit tm rekomendasi pemupukan pembibitan kelapa sawit rekomendasi pemupukan tanaman kelapa sawit rekomendasi pupuk pada tanaman kelapa sawit rekomendasi pupuk tanaman kelapa sawit

Leave a reply "Rekomendasi Pemupukan Kelapa Sawit Dengan Dosis Yang Tepat"