Sekilas Tentang Proses Pabrik Kelapa Sawit

Proses pabrik kelapa sawit sejatinya hanya memiliki enam tahapan. Akan tetapi, pada setiap tahapan, terdapat proses panjang dalam pengolahan kelapa sawit sehingga menjadi CPO.

Berikut sekilas penjelasan tentang panjangnya proses pabrik kelapa sawit.

Loading Ramp

Proses pertama dalam pabrik kelapa sawit ini adalah proses memuat kelapa sawit yang sudah disortir ke dalam Ramp Cage di atas rel lori. Wadah ini memiliki 30 pintu dengan system hidrolik sebagai pembuka dan penutup.

Setiap lori akan terisi TBS saat pintu terbuka. Kemudian lori yang telah penuh masuk ke transfer carriage untuk disterilkan di sterilizer.

proses pabrik kelapa sawit,sistem proses pabrik kelapa sawit,proses pabrik kelapa sawit pdf,proses pembuatan kelapa sawit menjadi cpo,diagram alir proses pengolahan kelapa sawit menjadi cpo,jurnal proses pengolahan kelapa sawit pdf,makalah proses pengolahan kelapa sawit menjadi cpo,proses pembuatan biodiesel dari minyak kelapa sawit pdf,proses pembuatan minyak goreng dari kelapa sawit pdf,proses pembuatan minyak goreng kelapa sawit.pdf,proses pembuatan minyak kelapa sawit.pdf,proses pengolahan kelapa sawit doc,proses pengolahan kelapa sawit jadi cpo,proses pengolahan kelapa sawit menjadi cpo dan pko,proses pengolahan kelapa sawit menjadi cpo download,proses pengolahan kelapa sawit menjadi cpo pdf,proses pengolahan kelapa sawit menjadi cpo ppt,proses pengolahan kelapa sawit menjadi minyak goreng,proses pengolahan kelapa sawit menjadi minyak goreng pdf,proses pengolahan kelapa sawit menjadi minyak mentah,proses pengolahan kelapa sawit pdf,proses pengolahan kelapa sawit ppt,proses pengolahan kelapa sawit sampai menjadi cpo,proses pengolahan minyak kelapa sawit menjadi cpo,proses pengolahan minyak kelapa sawit pdf,proses pengolahan minyak kelapa sawit ppt,proses produksi kelapa sawit menjadi cpo,proses produksi minyak kelapa sawit.pdf

Sterilizer

Proses sterilisasi ini dilakukan dengan merebus TBS dalam bejana besar. Fungsinya adalah untuk mematikan enzim, agar brondol kelapa sawit bisa lepas dengan mudah dari tandan, menurunkan kadar air, agar mudah dilumatakan dan dipress karena kulit buah lebih lunak, serta untuk mempermudah pelepasan kernel dari cangkang.

Proses sterilisasi berlangsung selama 85-95 menit dengan pemanas bernama Back Pressure Vessel (BPS) yang tekanan steam-nya mencapai 2,8 – 3 kg/cm2, yang naik secara bertahap dalam tiga peak.

 

Thresher

Setelah perebusan selesai, kemudian kelapa sawit dibawa menggunakan hoisting crane ke proses selanjutnya, yaitu thresher atau memisahkan brondolan kelapa sawit dari tandannya.

Di dalam proses ini kelapa sawit yang sudah lebih lunak diputar dengan kecepatan 22- 25 rpm sebanyak dua kali proses, sehingga berondolannya dapat lepas secara total. Brondolan yang telah terlepas akan keluar melalui kisi – kisi thresher dan batang tandan yang tersisa akan dimasukkan ke empty bunch.

 

Stasiun Press

Berondolan yang telah masuk ke conveyor selanjutnya akan diteruskan ke digester atau tangki pencacah. Tangki ini memiliki pisau – pisau dan dapat berputar hingga kecepatan maksimal 25 – 26 rpm.

Proses pelumatan ini bertujuan untuk memisahkan biji dan daging buah sehingga memudahkan proses pressing. Selain itu, proses pelumatan ini juga menjadi lebih cepat karena adanya tambahan steam pada digester dengan suhu mencapai 90 – 95 derajat celcius.

Setelah berondolan dilumat di dalam digester, hasilnya akan dimasukkan ke dalam screw press agar minyak atau crude oil didalamnya keluar.

Baca Juga :  Daftar Pabrik Kelapa Sawit di Indonesia

Proses ini juga disertai dengan penyemperotan air panas melalui pipa-pipa berlubang di dalam screw press agar dapat menghasilkan minyak yang tidak terlalu kental, pori-pori silinder tidak mudah tersumbat dan alat press tersebut tidak bekerja terlalu keras. Alat press ini dapat memuat hingga 15 ton kelapa sawit setiap jamnya.

Petugas harus mengatur tekanan dengan tepat agar tidak terlalu tinggi sehingga memecahkan inti dan mempercepat ausnya mesin. Akan tetapi, apabila tekanan kurang maka ampas akan mengandung minyak yang cukup tinggi.

Selanjutnya, minyak yang telah dihasilkan diendapkan di dalam sand trap tank. Selain itu, ampas yang terdiri dari fiber dan biji akan dimasukkan ke dalam cake breaker conveyor untuk dipisahkan.

 

Stasiun Pemurnian

Setelah minyak dihasilkan dari mesin press, selanjutnya masuk ke dalam proses pemurnian untuk membersihkannya dari segala macam kotoran dan menjadikannya berkualitas dan memenuhi standar.

Proses pemurnian ini terdiri dari berbagai proses menggunakan alat yang berbeda, seperti tangki penyaring pasir, penyaringan bergetar, tengki crude oil, tengki settling lanjutan, tengki minyak, pemurnian, pengering vacuum, tangki slude oil, penyaring sludge vibrating, fat pit, sludge centrifuge, dan tengki penyimpanan.

 

Stasiun Kernel

Proses kelapa sawit yang terakhir ini berfungsi untuk memisahkan serabut dari nut, pemisahan inti dari cangkang dan juga proses pengeringan inti. Peralatannya antara lain cake breaker conveyor, depericarper, nut silo, ripple mill, clayabath dan juga kernel silo.

Agar hasil minyak kelapa sawit menjadi semakin berkualitas, sebaiknya menggunakan bibit, pupuk kelapa sawit dan metode penanaman yang tepat, seperti Teknologi PIKAT NASA Kelapa Sawit untuk memproduksi kelapa sawit organik yang juga ramah lingkungan.

Ada kesalahan dalam proses pabrik kelapa sawit yang sudah kami jelaskan di atas ? Silahkan masukkan komentar Anda, guna perbaikan kedepannya, Terimakasih.

Tags: diagram alir proses pengolahan kelapa sawit menjadi cpo jurnal proses pengolahan kelapa sawit pdf makalah proses pengolahan kelapa sawit menjadi cpo proses pabrik kelapa sawit proses pabrik kelapa sawit pdf proses pembuatan biodiesel dari minyak kelapa sawit pdf proses pembuatan kelapa sawit menjadi cpo proses pembuatan minyak goreng dari kelapa sawit pdf proses pembuatan minyak goreng kelapa sawit.pdf proses pembuatan minyak kelapa sawit.pdf proses pengolahan kelapa sawit doc proses pengolahan kelapa sawit jadi cpo proses pengolahan kelapa sawit menjadi cpo dan pko proses pengolahan kelapa sawit menjadi cpo download proses pengolahan kelapa sawit menjadi cpo pdf proses pengolahan kelapa sawit menjadi cpo ppt proses pengolahan kelapa sawit menjadi minyak goreng proses pengolahan kelapa sawit menjadi minyak goreng pdf proses pengolahan kelapa sawit menjadi minyak mentah proses pengolahan kelapa sawit pdf proses pengolahan kelapa sawit ppt proses pengolahan kelapa sawit sampai menjadi cpo proses pengolahan minyak kelapa sawit menjadi cpo proses pengolahan minyak kelapa sawit pdf proses pengolahan minyak kelapa sawit ppt proses produksi kelapa sawit menjadi cpo proses produksi minyak kelapa sawit.pdf sistem proses pabrik kelapa sawit

Leave a reply "Sekilas Tentang Proses Pabrik Kelapa Sawit"