Cara Pemupukan Kelapa Sawit Di Tanah Gambut Yang Tepat

Pemupukan Kelapa Sawit Di Tanah Gambut – Kelapa sawit merupakan salah satu tumbuhan penghasil minyak nabati yang banyak memiliki kegunaan pada rumah tangga. Tumbuhan kelapa sawit sangat cocok tumbuh di daerah yang memiliki curah hujan 2000mm per tahunnya dan juga sangat cocok tumbuh pada tanah yang memiliki tingkat keasaman lebih dari 4.0.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal tentunya tumbuhan kelapa sawit harus dirawat dengan baik, yang salah satunya adalah dengan dipupuk. Memilih pupuk yang baik tentunya tak bisa dilakukan dengan sembarangan, karena harus disesuaikan dengan jenis tanah yang digunakan sebagai media penanaman.

Salah satu yang menjadi kendala adalah bagaimana cara pemupukan kelapa sawit di tanah gambut? Hal ini tentunya menjadi kesulitan tersendiri bagi sebagian orang.

Pada saat ini, penggunaan pupuk untuk kelapa sawit lebih baik menggunakan pupuk anorganik, karena pupuk anorganik akan bereaksi secara optimal jika dicampur dengan unsur hara yang ada di tanah.

Apalagi harganya yang murah dan reaksi terhadap tumbuh kembang dari kelapa sawit akan sangat pesat.

pemupukan kelapa sawit di tanah gambut,pemupukan kelapa sawit di lahan gambut,cara pemupukan kelapa sawit di lahan gambut,dosis pemupukan kelapa sawit di lahan gambut,teknik pemupukan kelapa sawit di lahan gambut,cara pemupukan kelapa sawit di tanah gambut,pemupukan kelapa sawit pada lahan gambut,dosis pemupukan kelapa sawit pada lahan gambut,cara pemupukan kelapa sawit tanah gambut,pemupukan kelapa sawit di lahan gambut pdf,cara pemupukan kelapa sawit lahan gambut,dosis pupuk kelapa sawit di lahan gambut,dosis pupuk kelapa sawit lahan gambut,pemupukan kelapa sawit lahan gambut

Jenis pemupukan kelapa sawit di tanah gambut sebenarnya sangat beragam, karena kelapa sawit memang tumbuhan yang mudah berkembang.

Berikut ini jenis pupuk kelapa sawit di tanah gambut yang bisa anda pilih.

 

1. Pupuk urea

Penggunaan pupuk urea untuk kelapa sawit di tanah gambut bisa anda lakukan ketika kelapa sawit telah berumur kurang dari 3 tahun. Anda bisa memberikan sebanyak dua kali dalam setahun dengan aturan dosis sekitar 0,2 sampai 0,3 kg per batang tanaman.

Namun, jangan pernah mencampurkan pupuk urea dengan dolomit, karena dua zat ini akan memberikan reaksi yang berlawanan. Jika anda ingin menggunakan dolomit maka dengan rentan waktu 1 bulan.

 

2. Pupuk NPK

Pupuk NPK berguna untuk membasmi hama yang menyerang kelapa sawit dengan maksimal. Penggunaan pupuk NPK di tanah gambut memiliki dosis yang lebih banyak dari pada di lahan biasa. Anda bisa mencampurkan pupuk NPK dengan jenis pupuk lain seperti supernasa dan power nutrition.

 

Baca Juga :  5 Perusahaan Sawit Terbesar di Indonesia

3. Pupuk TSP

Kandungan dari pupuk TSP yaitu 64% pospat. Kegunaan dari pupuk TSP berfungsi untuk mendukung pertumbuhan akar, sehingga akan memiliki kekuatan akar yang baik meskipun tumbuh di tahan gambut.

Selain itu, pemberian pupuk TSP juga berguna untuk mendukung pertumbuhan bakal buah kelapa sawit. Dosis yang bisa anda berikan pada kelapa sawit di tanah gambut yaitu 1.5 kg per batang tanaman yang bisa anda lakukan 2 kali dalam setahun.

 

4. Pupuk CuSO4

Kandungan tembaga pada pupuk CuSO4 sangat berguna sebagai katalisator saat kelapa sawit mengalami proses fisiologis, sehingga akan mengoptimalkan pertumbuhan kelapa sawit dan akan meningkatkan produktivitasnya.

Dosis pemberian pupuk CuSO4 pada kelapa sawit di tanah gambut yaitu 15 gram dan dicampurkan dengan 300 gram Sp-36 dan 500 gram RP yang diberikan 2 kali dalam setahun.

Selain jenis pupuk yang tepat, tentunya anda juga harus mempertimbangkan waktu pemupukan kelapa sawit di tanah gambut yang tepat, agar pertumbuhan dari kelapa sawit dapat maksimal.

Waktu yang tepat untuk pemupukan kelapa sawit di tanah gambut adalah ketika musim hujan. Hal ini karena saat musim hujan, tanah gambut akan menjadi lembab sehingga pupuk akan mudah diserap oleh kelapa sawit

Teknik pemupukan kelapa sawit di tanah gambut, memang tidak bisa dilakukan dengan mudah, karena tanah gambut memiliki kondisi tanah yang belum stabil.

Hendaknya pemberian pupuk kelapa sawit di tanah gambut harus dengan dosis yang tepat, hal ini agar pertumbuhan kelapa sawit dapat berkembang secara optimal.

Tags: cara pemupukan kelapa sawit di lahan gambut cara pemupukan kelapa sawit di tanah gambut cara pemupukan kelapa sawit lahan gambut cara pemupukan kelapa sawit tanah gambut dosis pemupukan kelapa sawit di lahan gambut dosis pemupukan kelapa sawit pada lahan gambut dosis pupuk kelapa sawit di lahan gambut dosis pupuk kelapa sawit lahan gambut pemupukan kelapa sawit di lahan gambut pemupukan kelapa sawit di lahan gambut pdf pemupukan kelapa sawit di tanah gambut pemupukan kelapa sawit lahan gambut pemupukan kelapa sawit pada lahan gambut teknik pemupukan kelapa sawit di lahan gambut

Leave a reply "Cara Pemupukan Kelapa Sawit Di Tanah Gambut Yang Tepat"